PENERAPAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2006/2007)

MULYOASIH, MULYOASIH (2007) PENERAPAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, (2) Adakah peningkatan konsentrasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran guided note takingdengan bantuan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah guru kelas satu SMP N 3 Kartasura bertindak sebagai subyek yang memberi tindakan. Kepala Sekolah diSMP N 3 Kartasura sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan penyimpulan data, sedangkan siswa kelas VII D SMP N 3 Kartasura tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pembelajaran pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan dan review. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Menyusun program tindakan pembelajaran matematika denganmetode pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, 2)Selama proses pembelajaran dengan metode pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga mengalami peningkatan seperti: a) Perhatian siswa mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Persiapan mengikuti pelajaran sebanyak 21 siswa(51,47%), (2) Perhatian terhadap penjelasan guru sebanyak18 siswa(43,85%), b) Keaktifan siswa mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Keaktifan bertanya sebanyak22 siswa (54,63%),(2) Keaktifan mengeluarkan ide33 siswa(82,18%),(3) Keaktifan mengerjakan soal dikelas sebanyak20 siswa(48,78%), (4) Keaktifan menjawab pertanyaan yang diajukan guru sebanyak24 siswa(59,42%), c) Kreaktifitas siswa mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Melakukan percobaan/demonstrasi sebanyak31 siswa(77,31%),(2) Ketepatan menggunakan alat peraga sebanyak 34 siswa(84,68%),d) Kemampuan matematika siswa mengalami peningkatan yang meliputi: (1) Dapat memecahkan masalah sebanyak17 siswa (42,1%), (2) Dapat menyimpulkan materi ajar sebanyak 17 siswa (41,86%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided note taking, alat peraga, konsentrasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2011 06:05
Last Modified: 15 Mar 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item