MARTANI , PUTRI DWI (2007) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf Download (61kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf Download (34kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP AL-ISLAM Kartasura berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, review, dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah 1) ada peningkatan pemahaman matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan mencapai 70,27%, dalam membuat kesimpulan materi pelajaran mencapai 67,56%, dalam mengerjakan soal-soal pekerjaan rumah mencapai 75,67%, 2) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam memecahkan masalah berdasarkan strategi yang dipikirkan sendiri mencapai 75,67%, dalam mengemukakan jalan pikiran atau alasan yang melandasi solusinya mencapai 72,97%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan, Pamahaman, Pemecahan Masalah, Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2011 06:00 |
Last Modified: | 15 Mar 2011 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10859 |
Actions (login required)
View Item |