PENGARUH PRICE-EARNING RATIO, VOLUME PENJUALAN DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG FINANSIAL DI BURSA EFEK JAKARTA) (Periode 2000-2004)

SUNGKAWA, ENDIK BUDI (2007) PENGARUH PRICE-EARNING RATIO, VOLUME PENJUALAN DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG FINANSIAL DI BURSA EFEK JAKARTA) (Periode 2000-2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab1.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Price-Earning Ratio, Volume Penjualan dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Return Saham Perusahaan yang bergerak di Bidang Finansial di Bursa Efek Jakarta” ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara parsial dari Price-Earning Ratio (PER), volume penjualan, dan tingkat suku bunga SBI terhadap return saham perusahaan finansial yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari variabel Price-Earning Ratio, volume penjualan dan tingkat suku bunga SBI terhadap return saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Adapun hipotesisnya yaitu (1) Diduga bahwa Ha: Price-Earning Ratio, volum penjualan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahan finansil di BEJ, (2) Diduga bahwa Ha1: Price-Earning Ratio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahan finansil di BEJ, (3) Diduga bahwa Ha2: Volume penjualan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahan finansil di BEJ, (4) Diduga bahwa Ha3: Tingkat suku bunga SBI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahan finansil di BEJ. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di BEJ. Periode pupulasi penelitian mencakup data kwartal tahun 2000-2004. Peneliti mengambil sapel, perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan yang terdaftar di BEJ yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 19 perusahaan. Kriteria yang digunakan untuk memilih sampel adalah perusahaan finansial atau keuangan yang listing pada tahun 2000-2004 dan tidak mempunyai laba negatif atau mengalami kerugian selama periode pengamatan serta memiliki data-data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh PER Volume Penjualan, dan Suku Bunga SBI terhadap return saham maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Secara bersama-sama ketiga variabel yaitu PER, Volume Penjualan, dan Suku Bunga SBI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai probabilitas F sebesar 0,018 dimana P < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa secara bersama-sama ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terbukti kebenarannya, (2) Variabek Suku Bunga SBI secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan return saham. Sedangkan untuk variabel PER dan Volume Penjualan tidak berpengaruh signifikan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa diduga variabel-variabel PER, Volume Penjualan dan Suku Bunga SBI secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan return saham terbukti hanya pada variabel Suku Bunga SBI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Price-Earning Ratio, Volume
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 14 Mar 2011 10:18
Last Modified: 14 Mar 2011 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item