PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Staf Administrasi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

D A R M A N T O, D A R M A N T O (2007) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Staf Administrasi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
COVER.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF
BAB_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan sampel seluruh karyawan staf administrasi yang bekerja di Universitas Muhammadiyah Surakarta sedangkan besarnya sampel sebanyak 103 responden. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komitmen 0rganisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Data variabel dalam penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas data, analisis regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Variabel komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini didukung dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung > tt abel . Dengan demikian hipotesis yang dirumuskan terbukti. 2. Variabel motivasi positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini didukung dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis yang dirumuskan terbukti. 3. Variabel komitmen organisasi dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini didukung dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai F hitung > Ftabel . Dengan demikian hipotesis yang dirumuskan terbukti. 4. Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan adalah motivasi. Hal ini didukung dari besarnya nilai koefisien regresi motivasi (? 2 = 0,627) yang lebih besar dibandingkan koefisien regresi variabel komitmen organisasi (? 1 = 0,245). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak organisasi, dalam hal ini Universitas Muhamadiyah Surakarta untuk mendukung tingginya motivasi dan komitmen karyawan terhadap organisasi agar kepuasan kerja karyawan semakin meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI, KEPUASAN KERJA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 12 Mar 2011 03:33
Last Modified: 12 Mar 2011 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item View Item