PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAINSTORMING DI SMP NEGERI 2 COLOMADU ( Pokok Bahasan Sudut Siswa Kelas VII)

RAHMINI, SRI (2007) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAINSTORMING DI SMP NEGERI 2 COLOMADU ( Pokok Bahasan Sudut Siswa Kelas VII). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
daft.pustaka.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (full texs)
A410020023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP N 2 Colomadu yang berjumlah 39 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah Guru SMP N 2 Colomadu dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentasi dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan brainstorming yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan dan tahap penampilan hasil. Adapun peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ada yaitu : (a)perhatian terhadap pelajaran matematika meningkat mencapai 89,74%, (b) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengajukan ide-ide meningkat mencapai 84,62%, (c) kegiatan siswa dalam mengerjakan soal/ tugas mandiri meningkat mencapai 87,18%, (d) kegiatan siswa dalam maju mengerjakan soal-soal ke depan kelas meningkat mencapai 76,92%, dan (e) gangguan kelas menurun hingga 23,07%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran, brainstorming
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Mar 2011 10:14
Last Modified: 11 Mar 2011 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10812

Actions (login required)

View Item View Item