MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES

EKAWATI , ATIEN DEWI (2007) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
A410020014.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1.pustaka)
bab.1.dapus.pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (67kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan, prestasi-belajar, pembelajaran, pendekatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Mar 2011 09:55
Last Modified: 11 Mar 2011 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item