ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA PD BPR BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2002-2004

SARI, DEWI YUNITA (2007) ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA PD BPR BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2002-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A-Cover+Hal_depan.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab1.pdf

Download (353kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah melalui Bank Indonesia telah mengeluarkan SE. BI No 30/ 3/UPPB dan SK. DIR. BI. No 30/KEP/DIR tanggal 30 April 1997 yang memuat tentang pokok-pokok penilaian tingkat kesehatan bank. Hal ini perlu dilakukan karena tingkat kesehatan bank merupakan tolak ukur bagi manajemen untuk menilai apakah bank sudah mampu melakukan kegiatan operasional perbankan secara normal dan memenuhi semua kewajibannya dengan baik, sesuai peraturan perbankan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang ukuran tingkat kesehatan bank (sehat, cukup sehat, kurang sehat, atau tidak sehat). Penelitian ini dilaksanakan pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Data yang diperlukan adalah neraca, laporan rugi laba. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, dilakukan dengan mencari nilai rasio komponen dari masing-masing faktor CAMEL (Capital, Asset Quality, Management, Earning, Liquidity), sedangkan analisis kuantitatif dengan melakukan kuantifikasi nilai rasio komponen masing-masing faktor CAMEL melelui pemberian nilai kredit dari 0 sampai 100 sesuai dengan ketetuan Bank Indonesia. Dari kedua analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: Pada tahun 2002 sampai dengan 2004 Rasio Capital, Asset Quality, Earning dan Liquidity berpredikat sehat, sedangkan Nilai Rasio Management yang terdiri Management Umum dan Management Resiko berpredikat cukup sehat. Dari hasil tersebut diatas, diperoleh Nilai Kredit gabungan keseluruhan komponen dari faktor CAMEL tahun 2002 sebesar 96,57, tahun 2003 sebesar 96,67, tahun 2004 sebesar 94.8 dan tidak mendapatkan pengurangan nilai dari faktor BMPK dan Judgement. Hal ini berarti bahwa PD. BPR Bank Pasar Boyolali mendapat predikat sehat karena tergolong dalam kreteria 81-100 (ketentuan BI).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CAMEL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Mar 2011 09:32
Last Modified: 11 Mar 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10802

Actions (login required)

View Item View Item