PENGARUH METODE INKUIRI DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH X SURAKARTA

Afriyani, Anita Dewi (2007) PENGARUH METODE INKUIRI DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH X SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A._Halaman_Depan.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
C._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
D._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
E._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
F._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
H._DAFTAR_SISWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika, siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode inkuiri dengan siswa yang mendapat pengajaran matematika dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah X Surakarta sebanyak 78 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa. Sebelum dikenai perlakuan kedua kelas tersebut diserasikan dengan uji beda mean yang berdasarkan nilai raport kelas VII semester II. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,627 sedangkan ttabel = 1,645 sehingga ada perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode inkuiri dengan metode ekspositori. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dapat ditentukan dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode inkuiri sebesar 6,147 dan menggunakan metode ekspositori sebesar 4,833, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil prestasi belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri lebih baik dari pada menggunakan metode ekspositori.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Ekspositori, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 04:55
Last Modified: 19 Nov 2019 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item