PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTsN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2005/2006

FATMAWATI , RINI (2006) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTsN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a._JUDUL.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b._BAB-1.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
c._BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
d._BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
e._BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
f._BAB-5pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
g._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
h._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun Ajaran 2005/2006 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 9,77 > Ftabel = 3,150, (2) Terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 4,400 > Ftabel = 1,96, (3) Terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan thitung= 5,104 Ftabel = 1,96. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 10,21% dan bimbingan belajar orang tua di rumah sebesar 14,04%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, bimbingan, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 04:42
Last Modified: 10 Mar 2011 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item View Item