HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DAN KOMPUTASINYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA

SRIWIYANI , ASIH (2007) HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT MODEL MATEMATIKA DAN KOMPUTASINYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
0._Judul.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._Bab-1.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
2._Bab-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
3._Bab-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
4._Bab-4&5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
5._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran )
6._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (2) hubungan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita, (3) hubungan antara kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan komputasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sukoharjo tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan komputasinya terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai Fhitung = 32,041 > Ftabel = 3,150, (2) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membuat model matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai thitung = 2,448 > ttabel = 1,96 (3) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan komputasi dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika bentuk cerita dengan nilai thitung= 6,325 > ttabel = 1,96, dengan persamaan garis regresi Y = 2,570 + 0,173 X1 + 0,520 X2 dan besarnya R² = 0,454. Dari hasil analisis didapat sumbangan tiap-tiap prediktor sebagai berikut: 1) Sumbangan relatif kemampuan membuat model matematika (SR) = 19,9% dan Sumbangan Efektif (SE) = 9,06% 2) sumbangan kemampuan komputasi (SR) = 80,1% dan sumbangan efektif (SE) = 80,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model matematika, komputasi, soal matematika bentuk cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2011 04:12
Last Modified: 10 Mar 2011 04:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item