Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2021

SAPUTRA, HADI and -, Soepatini, S.E., M.Si., Ph.D and -, Kussudyarsana, S.E., M.Si., Ph.D. (2022) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2021. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN sudah terakhir.pdf

Download (787kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II)
BAB II oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV b.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA b.pdf

Download (431kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN b.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi-28-September-2022-Revisi-09_ok_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi fiks.pdf

Download (651kB)

Abstract

Sebagai sebuah institusi layanan publik Rumah sakit harus mengutamakan kualitas layanan agar dapat menciptakan kepuasan pasien. Identifikasi dan pengukuran kualitas pelayanan sangat dibutuhkan untuk peningkatan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap kepuasan pasien. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan JKN-KIS di RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan terpilih sebanyak 100 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis SPSS. Berdasarkan hasil regresi, (1) terdapat pengaruh tangible terhadap kepuasan pasien dengan kontribusi sebesar 25%, (2) terdapat pengaruh reliability terhadap kepuasan pasien dengan kontribusi sebesar sebesar 25%, (3) terdapat pengaruh responsiveness terhadap kepuasan pasien dengan kontribusi sebesar sebesar 37 %, (4) terdapat pengaruh assurance terhadap kepuasan dengan kontribusi sebesar sebesar 24 %, (5) terdapat pengaruh emphaty terhadap kepuasan pasien dengan kontribusi sebesar sebesar 35.8 %, (6) terdapat pengaruh secara bersama-sama masing-masing variabel terhadap kepuasan pasien dengan kontribusi sebesar 53.5%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Tangibel, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy
Subjects: H Social Sciences > HC Economic Development
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username p100190054
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:57
Last Modified: 08 Feb 2023 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/107366

Actions (login required)

View Item View Item