PENGARUH MINAT DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 ANDONG TAHUN AJARAN 2006/2007

Rusdiyanto , Krisna (2007) PENGARUH MINAT DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 ANDONG TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (full texs)
A21_030006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong; 2) untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong.; dan 3) untuk mengetahui pengaruh minat dan dukungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel independen adalah minat (X1) dan dukungan keluarga (X2) serta sebagai variabel dependen (Y) adala h prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong sebanyak 198 siswa, dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang siswa Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik rando m sampling, dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis yang digunakan antara lain uji linieritas, dan normalitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t dan sumbangan relatif (SR)serta sumbangan efektif (SE). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1) minat dan dukungan keluarga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, terbukti dari hasil analisis nilai Fhitung (5,405) > Ftabel (3,20).; 2) secara parsial minat siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, terbukti dari hasil analisis nilai thitung (2,349) > ttabel (1,960).; 3) secara parsial dukungan keluarga siswa juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung (2,095) > ttabel (1,960).; 4) minat dan dukungan keluarga memberikan konstribusi efektif hanya sebesar 18,72% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, sedangkan sisanya sebesar 81,28% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor fisiologi dan psikologis dari siswa, faktor lingkungan sosial sekolah, masyarakat, budaya, lingkungan spriritual, serta lingkungan fisik, dan lain -lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, dukungan keluarga, prestasi belajar ekonomi, SMA Negeri 1 Andong
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2011 09:18
Last Modified: 08 Mar 2011 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item