ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN MEUBEL JATI MUTU FURNITURE POLOKARTO SUKOHARJO

HARTANTO, EKO (2007) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN MEUBEL JATI MUTU FURNITURE POLOKARTO SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (5kB)
[img] PDF (Bab K)
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Pelanggan yang merasa puas akan melakukan pembelian ulang dan mereka akan memberikan informasi kepada orang lain tentang pengalamannya terhadap produk yang baru dikonsumsi. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas produk (Durability, Performance, Conformace to Specification, Aesthetics) secara individu terhadap tingkat kepuasan konsumen dan 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas produk (Durability, Performance, Conformace to Specification, Aesthetics) secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini diajukan hipotesis sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh variabel independent durability terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen); 2) terdapat pengaruh variabel independent performance terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen); 3) terdapat pengaruh variabel independent conformance to specifications terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen) dan 4) terdapat pengaruh variabel independent aesthetics terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen). Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan uji Regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi linier menunjukkan harga untuk estimasi regresi: Y = 0,097 + 0,625X1 + 0,501X2 + 0,447X3 + 0,486X4 Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa daya tahan (durability) menunjukkan nilai koefisien terbesar 0,625 berarti daya tahan merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Sedangkan hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa ke empat variabel independen berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh variabel durability, variabel performance, variabel conformance to specifications dan variabel aesthetics terhadap variabel kepuasan konsumen terbukti. Hasil uji F menunjukkan sebesar 152,331. Dengan demikian F-hitung > Ftabel pada taraf signifikansi 0,05. F-tabel=2,57. Sehingga hipotesis yang menunjukkan bahwa secara serentak variabel independen berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap variabel dependen terbukti. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh yang dapat dijelaskan sebesar 0,931. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa sebesar 93,1% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel di dalam model. Sedangkan sisanya sebesar 6,9% dipengaruhi variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Durability, Performance, Conformace to Specification, Aesthetics
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 08 Mar 2011 09:00
Last Modified: 08 Mar 2011 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item