PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MATERI MENULIS HURUF BALOK DAN LATIN PADA SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI GONDANGSARI 04 KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

SRIYANTO , SRIYANTO (2007) PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MATERI MENULIS HURUF BALOK DAN LATIN PADA SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI GONDANGSARI 04 KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Microsoft_Word_-_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Microsoft_Word_-_BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
Microsoft_Word_-_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
Microsoft_Word_-_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
Microsoft_Word_-_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
Microsoft_Word_-_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Microsoft_Word_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui langkah-langkah dalam proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Gondangsari 04, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten; dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran menulis pada siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Gondangsari 04, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten dapat berhasil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas I di Sekolah Dasar. Sumber data diperoleh dari siswa kelas I SD Gondangsari 04 Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data menggunakan simak dan teknik catat. Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif. Simpulan hasil penelitian, yaitu: (1) Langkah-langkah dalam proses pengajaran menulis huruf pada siswa kelas, pembuatan rencana Proses Belajar Mengajar (PBM), langkah kedua proses PBM, langkah ketiga evaluasi, dan penilaian. (2) Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran menulis di Kelas I SD meliputi: (a) konsentrasi dan minat anak, (b) penguasaan guru dalam metode dan sikap saat pembelajaran, dan sarana dan prasarana pembelajaran yang menunjang kebrehasilan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran menulis huruf, siswa kelas I SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2011 06:04
Last Modified: 08 Mar 2011 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10699

Actions (login required)

View Item View Item