ANALISIS EFISIENSI PENGUMPULAN PIUTANG SEBAGAI DASAR PENILAIAN KONDISI KEUANGAN PADA PT WANGSA JATRA LESTARI

HAKIM, IKA RAHMAWATI (2006) ANALISIS EFISIENSI PENGUMPULAN PIUTANG SEBAGAI DASAR PENILAIAN KONDISI KEUANGAN PADA PT WANGSA JATRA LESTARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Bab_1.pdf

Download (374kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis efisiensi pengumpulan piutang sebagai dasar penilaian kondisi keuangan pada perusahaan PT. WANGSA JATRA LESTARI”. Dengan periode pengamatan dari tahun 1999 – 2000. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perusahaan dalam mengerjakan piutang, selain itu untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengembalikan kewajiban jangka pendek, serta untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Metode yang digunakan untuk menganalisis tujuan tersebut adalah Metode Rasio Aktivitas, Rasio Likuiditas dan Rentabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Wangsa Jatra Lestari mengalami penurunan efektivitas penjualan. Hal itu ditunjukkan Rasio perputaran piutang selalu mengalami peningkatan. Hasil analisis likuiditas menunjukkan bahwa PT. Wangsa Jatra Lestari mempunyai kemampuan yang baik dalam mengembalikan kewajiban jangka pendek, hal itu ditunjukkan oleh kas rasio, Quick ratio yang selalu meningkat, sedangkan hasil analisis Ratio rentabilitas PT. Wangsa Jatra Lestari memiliki kemampuan yang bagus untuk memperoleh keuntungan, hal itu ditunjukkan dengan nilai Rentabilitas ekonomi yang cukup tinggi dan meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rentabilitas, Produktivitas, Likuiditas, Quick ratio, Kas ratio, Qurren ratio dan Rentabilitas ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 07 Mar 2011 10:06
Last Modified: 07 Mar 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item View Item