Rizqi, Muhammad and , Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd (2022) Implementasi Program Kelas Global di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (496kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (749kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
Abstract
Setiap lembaga pendidikan mengembangkan sistem pembelajarannya sehingga tercipta sekolah dengan ciri khas dan memiliki keunggulan yang beragam. Beberapa sekolah yang tercipta yakni sekolah internasional, sekolah plus, sekolah terpadu dan sekolah unggulan. Berkembangnya sekolah tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan yang berkualitas baik dapat tercapai. Adapun tujuan penelitian yakni: (1) Mengidentifikasi keunggulan kelas global di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran kelas global di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif dengan jenis pendekatan fenonologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berlokasi di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Adapun sumber data pendukung dalam penelitian ini seperti buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Sedangkan metode analisa data yang digunakan terdiri dari reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Keunggulan kelas global terdapat pada program unggulan yang diterapkan, seperti: program pembiasaan, program tahfidz, edu trip, pelatihan di kampung Inggris, English Performance, dan program kemandirian. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran kelas global di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta terdiri dari komponen guru, siswa, metode pendidikan, materi pendidikan, lingkungan pendidikan, alat dan fasilitas pendidikan, dan evaluasi pendidiikan, sesuai dengan teori yang sudah dipaparkan penulis. Kata kunci: Pendidikan, Kelas Global, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data, Informasi, Perpustakaan |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | MUHAMMAD RIZQI |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 06:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 02:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106903 |
Actions (login required)
View Item |