PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI

WIDIYANTI , Emy (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab.1)
bab.1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (full texs)
EMY_W_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di kelurahan Trukan, Pracimantoro, Wonogiri, 2) Mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan masyarakat, 3) Menyumbangkan karya ilmiah ini pada perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan atau masyarakat sendiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian mengambil lokasi di wilayah Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Trukan, Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Sampel yang diambil sebanyak 60 warga di Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri dengan tehnik Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat diperoleh persamaan regresi : Y = 27,358 + 0,614 X1 - 0,464 X2.. Uji regresi diperoleh F hitung > F tabel atau 34,045 > 3,17 (pada taraf signifikansi 5%) berarti antara tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Uji t untuk variabel tingkat pendidikan formal diperoleh t hitung > dari t tabel atau 6,703 > 2,000 (pada taraf signifikansi 5%) dan untuk variabel pendidikan non formal diperoleh t hitung > t tabel atau -5,154 < -2,000 (pada taraf signifikansi 5%), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,544 ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat sebesar 54,4%. Sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel x1 sebesar 49,5 %, untuk x2 sebesar 40,5 % dan besarnya sumbangan efektif untuk x1 sebesar 32,4 % dan untuk x2 sebesar 22,03 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan formal, pendidikan non formal dan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2011 09:31
Last Modified: 07 Mar 2011 09:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item