Kandungan Budaya Dan Kategori Kandungan Budaya Dalam Bahan Bacaan Buku Efl Kelas X Unyuk Siswa Sekolah Menengah Atas Di Indonesia

Wulandari, Nur Tri and , Dr. Maryadi, M.A (2022) Kandungan Budaya Dan Kategori Kandungan Budaya Dalam Bahan Bacaan Buku Efl Kelas X Unyuk Siswa Sekolah Menengah Atas Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab I)
CHAPTER 1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPY.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Budaya dan bahasa tidak dapat dipisahkan, keduanya saling berkaitan. Dalam pengajaran bahasa Inggris, budaya merupakan salah satu hal penting untuk mencapai target bahasa yang akan dikuasai. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi konten budaya dan kategori konten budaya dari dua buku teks bahasa Inggris untuk kelas 10 SMA yang digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menemukan kandungan budaya dalam bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris, dan 2) untuk mendeskripsikan kategori kandungan budaya dalam bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi bacaan untuk memperoleh data. Data untuk penelitian ini diambil dari bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris kelas 10 yaitu, Bahasa Inggris SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan ESPS terbitan Erlangga. Paradigma kandungan budaya yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adaskou, Britten, dan Fashi (1990) dan kategori kandungan budaya dari Chao (2011). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua buku teks bahasa Inggris tidak menyajikan konten budaya secara lengkap., buku teks bahasa Inggris terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia hanya menyajikan makna estetis 33% dan sosiologis 67%, sedangkan untuk buku teks ESPS terbitan Erlangga menyajikan makna estetis 26%, makna sosiologis 70% dan makna semantic 4%. Dan juga ditemukan kandungan kategori budaya paling dominan dalam buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah kategori budaya asal sebesar 50% dan kategori budaya internasional untuk buku ESPS yaitu sebesar 38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: buku teks bahasa Inggris, kandungan budaya, kategori kandungan budaya.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: NUR TRI WULANDARI
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:39
Last Modified: 30 Nov 2022 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106819

Actions (login required)

View Item View Item