Wulandari, Nur Tri and , Dr. Maryadi, M.A (2022) Kandungan Budaya Dan Kategori Kandungan Budaya Dalam Bahan Bacaan Buku Efl Kelas X Unyuk Siswa Sekolah Menengah Atas Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Bab I)
CHAPTER 1.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
CHAPTER 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab III)
CHAPTER 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
PDF (Bab IV)
CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Bab V)
CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPY.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB.pdf Download (1MB) |
Abstract
Budaya dan bahasa tidak dapat dipisahkan, keduanya saling berkaitan. Dalam pengajaran bahasa Inggris, budaya merupakan salah satu hal penting untuk mencapai target bahasa yang akan dikuasai. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi konten budaya dan kategori konten budaya dari dua buku teks bahasa Inggris untuk kelas 10 SMA yang digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menemukan kandungan budaya dalam bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris, dan 2) untuk mendeskripsikan kategori kandungan budaya dalam bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi bacaan untuk memperoleh data. Data untuk penelitian ini diambil dari bahan bacaan dari dua buku teks bahasa Inggris kelas 10 yaitu, Bahasa Inggris SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan ESPS terbitan Erlangga. Paradigma kandungan budaya yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adaskou, Britten, dan Fashi (1990) dan kategori kandungan budaya dari Chao (2011). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua buku teks bahasa Inggris tidak menyajikan konten budaya secara lengkap., buku teks bahasa Inggris terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia hanya menyajikan makna estetis 33% dan sosiologis 67%, sedangkan untuk buku teks ESPS terbitan Erlangga menyajikan makna estetis 26%, makna sosiologis 70% dan makna semantic 4%. Dan juga ditemukan kandungan kategori budaya paling dominan dalam buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah kategori budaya asal sebesar 50% dan kategori budaya internasional untuk buku ESPS yaitu sebesar 38%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks bahasa Inggris, kandungan budaya, kategori kandungan budaya. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | NUR TRI WULANDARI |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 07:39 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 07:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106819 |
Actions (login required)
View Item |