Ramadhani, Ahmad Rizqi and , Dini Restiyanti Pratiwi, S.Pd., M.Pd. (2022) Alih Kode dan Campur Kode dalam Teks Jual Beli Online Di Facebook. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Mas Riski (1) (2).pdf Download (508kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Cover Depan Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Download (823kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab 1 Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Download (420kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab III Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
PDF (Bab V)
Bab V Skripsi Ahmad Rizqi (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Ahmad Rizqi.pdf Download (399kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran Skripsi Ahmad Rizqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
Abstract
Fenomena alih kode dan campur kode yang terjadi pada grub media sosial online facebook tidak dapat dihindarkan dalam penggunaannya, karena dalam penggunaan bahasa-bahasa asing dan singkatan atau disebut sebagai alih kode dan campur kode tersebut memiliki maksut tertentu yang ingin ditekankan oleh si pengunggah. Dalam fenomena penggunaan bahasa di media sosial, alih kode dan campur kode menjadi bagian dari perkembangan bentuk kode bahasa yang dapat saling dimengerti oleh penggunanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan jenis alih kode dan campur kode dalam jual beli online di facebook; (2) Mendeskripsikan fungsi alih kode dan campur kode dalam jual beli online di facebook, dan (3) Mendeskripsikan pemanfaatan bentuk tuturan alih kode dan campur kode pada jual beli online di facebook sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu dengan metode peneliian kualitatif deskriptif. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan yaitu dengan mengelompokkan data lebih dahulu sesuai dengan teorinya Mahsun (2017). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) wujud data dari peristiwa alih kode dan campur kode pada grub jual beli online fcebook ditemukan sejumlah 37 data. Dari sejumlah data tersebut maka terbagi menjadi jenis alih kode dan campur kode dalam peristiwa jual beli online pada facebook. Jenis peristiwa bahasa yang terjadi yaitu alih kode ke dalam, alih kode ke luar, campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campuran. Dari 37 data tersebut sejumlah 24 data merupakan alih kode ke dalam, 3 data alih kode ke luar, 4 data campur kode ke dalam, 1 data campur kode ke luar, dan 5 data campur kode campura; (2) Fungsi Alih kode dan campur kode dari terdapat fungsi Intelektual, fungsi membankitka rasa humor, dan fungsi menegaskan suatu pendapat. Dari beberapa fungsi tersebut paling banyak ditempati pada fungsi menegaskan suatu pendapat sejumlah 13 data pada alih kode dan 7 data pada campur kode, dilanjutkan fungsi intelektual 9 data pada alih kode dan 3 data pada campur kode, dan paling sediki pada fungsi membangkitkan rasa humor sejumlah 4 data pada peristiwa alih kode dan 1 data pada peristiwa campur kode. (3) Dalam penelitian mengenai peristiwa alih kode dan campur kode ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMA, yaitu pada pembelajaran fase E untuk SMA dan SMK. Capaian Pembelajaran pada Fase E yaitu peserta didik mampu mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Campur Kode, Alih Kode, Jual Beli, Online, Facebook |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | AHMAD RIZQI RAMADHANI |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 10:12 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 10:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106714 |
Actions (login required)
View Item |