Studi Komparasi Motivasi Belajar Ppkn Siswa Sma Secara Daring Dan Luring Di Surakarta

Rachman, Rizky Fathur and , Patmisari, S.Pd., M.Pd (2022) Studi Komparasi Motivasi Belajar Ppkn Siswa Sma Secara Daring Dan Luring Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi-Rizky Fathur Rachman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Siswa yang semangat belajar menjadi terdorong dan tergerak untuk lebih baik agar tujuan yang dicita-citakan oleh siswa dapat tercapai sesuai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar PPKn secara daring dan luring di Surakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah H0 yang berbunyi ada perbedaan motivasi belajar PPKn secara daring dan luring di Surakarta, sedangkan Ha yang berbunyi tidak ada perbedaan motivasi belajar PPKn secara daring dan luring di Surakarta. Subjek pada penelitian ini merupakan SMA kelas XII yang bersekolah di lingkup Kota Surakarta berjumlah 292 dengan memakai teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner melalui google form dengan empat skala yang digunakan yaitu motivasi belajar PPKn secara daring dan motivasi belajar PPKn secara luring yang disusun menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan uji analisis komparasi. Dari penelitian ini didapati nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar PPKn secara daring dan luring. Didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata motivasi belajar PPKn siswa kelas XII secara daring sebesar 63,66%. Sedangkan rata-rata motivasi belajar PPKn siswa kelas XII secara luring sebesar 61,10%. Yang artinya motivasi belajar PPKn siswa kelas XII di Surakarta secara daring lebih besar daripada motivasi belajar PPKn secara luring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5401 Civic Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: RIZKY FATHUR RACHMAN
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:12
Last Modified: 25 Nov 2022 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106473

Actions (login required)

View Item View Item