PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

SYAMSUDDIN , MASAGUS (2005) PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO. Thesis thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
Massagus-Bab1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
O000010068__Massagus_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 05/D/0/1999 tanggal 8 Januari 1999, sedang Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI tanggal 1 Desember 1973 Nomor : 065/C/K/IV/73. Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam usaha menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik mengalami hambatan. Hambatan itu terjadi karena syarat-syarat minimal yang harus dimiliki oleh sebuah perduruan tinggi untuk meningkatkan kemampuannya belum terpenuhi. Syarat-syarat itu antara lain prasarana kampus yang memadai, peralatan laboratorium yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing program studi, perpustakaan yang berfungsi, dan armada dosen dan karyawan yang siap berjuang, artinya dosen-dosen dan karyawan-karyawan yang mempunyai dedikasi dengan kemampuan profesional yang tinggi, dalam rangka memberikan pelayanan kepada mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan pemerintah atau instansi atau lembaga-lembaga pendidikan pemakai produk Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tersedianya komponen- komponen itu akan sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Karena dalam konteks perguruan tinggi, proses belajar adalah bagian terpenting dari jasa yang disajikan oleh perguruan tinggi untuk para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar dalam perspektif Total Quality Management di Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian berusaha untuk mengungkap secara lebih jelas dan mendalam aktifitas proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar yang berlangsung selama ini belum memungkinkan secara optimal untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik untuk bersaing dalam dunia kerja. Para personil yang terlibat di dalam pengelolaan Universitas Muhammadiyah Purworejo perlu mempertimbangkan penerapan Total Quality Management in Education dalam manajemennya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR MENGAJAR, TOTAL QUALITY MANAGEMENT, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 10:27
Last Modified: 25 Feb 2011 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item