ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)

SRI WIDODO, SRI WIDODO (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (cover+BabI)
cover+bab1.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
SRI_WIDODO,_B_100_020_264.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta). Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positip terhadap sebuah merek, mempunyai komitmen terhadap merek tersebut dan bermaksud untuk meneruskan pembeliannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 2) mengetahui apakah karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian konsumen, perbedaan persepsi diantar merek dan karaktristik hedonis) secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 3) mengetahui apakah tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi diantara merek, karaktristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta yang semuanya berjumlah 19.050 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 mahasiswa. Pengukuran variabel dengan kuesioner penelitian yang menggunakan pilihan jawaban responden lima poin skala Likert. Metode analisis data adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Demikian juga terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi di antara merek dan karakteristik hedonis terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Nilai Negelkerke R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa variabilitas variabel dependen (keputusan berpindah merek telepon seluler) yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independen (tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan persepsi di antara merk, karakteristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen) sebesar 53,7%; sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar kelima variabel tersebut. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler adalah keterlibatan konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan konsumen, Persepsi, Hedonis, Variasi, Ketidakpuasan, Perpindahan Merek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Feb 2011 10:13
Last Modified: 25 Feb 2011 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item