Motivasi Penggunaan Face Beauty Filters Instagram pada Remaja yang Memiliki Permasalahan Acne Vulgaris

Maharani, Bening and , Setiyo Purwanto, S.Psi., M.Si., Psikolog (2022) Motivasi Penggunaan Face Beauty Filters Instagram pada Remaja yang Memiliki Permasalahan Acne Vulgaris. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (592kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

Saat ini banyak remaja yang memilih untuk menggunakan face beauty filters dari Instagram dengan berbagai alasan di baliknya, sehingga timbul lah motivasi mengapa remaja menggunakan face beauty filters Instagram. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul karena adanya rangsangan dari dalam dan luar individu yang didukung oleh situasi dan keadaan untuk memenuhi kebutuhannya sehingga mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini sebagai alat untuk mengidentifikasi lebih jauh mengenai manfaat penggunaan face beauty filters pada media sosial Instagram pada remaja yang memiliki permasalahan acne vulgaris dan untuk mengetahui bagaimana motivasi mahasiswa dalam menggunakan filter Instagram sebagai wadah untuk mengekspresikan diri di lingkungan masyarakat terkhususnya pada remaja, serta faktor apa saja yang menyebabkan individu tersebut menggunakan filter Instagram. Informan dalam penelitian ini adalah remaja yang memiliki permasalahan acne vulgaris berusia 17-24 tahun sebanyak 5 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan wawancara. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor yang mendasari motivasi informan dalam menggunakan face beauty filters Instagram, seperti informan merasa kurang percaya diri dengan keadaan wajah yang dimilikinya saat ini yang memiliki jerawat dan komedo, informan juga menginginkan wajahnya menjadi lebih cantik dengan menutupi kulit bertekstur atau jerawat yang dimiliki sehingga dapat sesuai dengan “beauty standards” menurut informan dan orang-orang di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, face beauty filters, Instagram, remaja, acne vulgaris
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB1 Social Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: BENING MAHARANI
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:09
Last Modified: 22 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105979

Actions (login required)

View Item View Item