LIASARI, TIWUK (2007) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (126kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II - V)
Bab_II_-_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara hasil belajar Bahasa dan Sastra Indonesia yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah dan mengetahui seberapa jauh perbedaan tersebut. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan. Tes dilakukan pada siswa SMP N 1 Matesih siswa kelas VIII. Penentuan sampel menggunakan metode Cluster random sampling. Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan persamaan regresi linier sederhana dan uji t. Terdapat perbedaan antara hasil belajar Bahasa dan Sastra Indonesia pada siswa kelas VIII E dan VIII F yang menggunakan model pembelajaran berbasis fortofolio dan metode ceramah hal tersebut ditunjukkan nilai t sebesar 3.937. Sementara nilai lower sebesar 0.1945 dan nilai upper sebesar 0.6055. Pengartian tabel di atas bahwa nilai t hitung > dari lower atau (3,937>0.1945) dan t hitung > lower atau t hitung > nilai upper atau (3,937>0.6055) dengan signifikansi mempunyai nilai sebesar 0.000 < 0.05. Hasil penelitian: perbandingan hasil t hitung dengan t tabel. t hitung diketahui nilai sebesar 3,937 sementara t tabel dengan jumlah responden atau n = 40, degree of freedom n-1 = 40-1= 39, kemudian diperkuat dengan mengkonsultasikannya dengan tabel yang tingkat signifikansi α 5% = 2.021 dan tingkat signifikansi α = 1% = 2.704 jadi bisa dikatakan hasil perhitunganya adalah 3,937 > 2.021 dan 3,937 >2.704. Dan penghitungan menghasilkan nilai rata -rata sebesar 6.4125 untuk model berbasis portofolio, sedangkan metode ceramah sebesar 6.0125. Berarti membuktikan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode berbasis portofolio lebih baik jika dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2011 08:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2011 08:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10583 |
Actions (login required)
View Item |