Pengaruh Status Sertifikasi Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kemampuan Tpack Guru Pai Tingkat SMA/SMK Di Kecamatan Magetan Tahun Pelajaran 2021/2022

Apriana, Alwakiah Shindy and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd (2022) Pengaruh Status Sertifikasi Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kemampuan Tpack Guru Pai Tingkat SMA/SMK Di Kecamatan Magetan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (786kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat-Pernyataan-Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy

Abstract

TPACK merupakan model pembelajaran pada abad 21 yang menuntut pendidik untuk dapat mengimplementasikan teknologi ke dalam suatu proses pembelajaran. TPACK terdiri dari tiga unsur pokok yaitu teknologi, pedagogi, dan content (materi ajar). Pendidik yang menguasai kemampuan TPACK akan memberikan kesan proses pembelajaran yang berbeda dari model pembelajaran dengan cara tradisional. Kemampuan TPACK ini sangat penting untuk dikuasai oleh seorang pendidik agar peran pendidik tidak terkikis oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara status sertifikasi dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan TPACK guru PAI tingkat SMA/SMK di Kecamatan Magetan. Penelitian ini dilakukan pada tujuh sekolah tingkat SMA dan SMK di kecamatan Magetan dengan jumlah responden 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan uji linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada hipotesis satu diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan antara status sertifikasi dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan TPACK guru PAI tingkat SMA/SMK di Kecamatan Magetan. Hal ini terbukti dari nilai t-hitung variabel status sertifikasi memperoleh nilai lebih besar dari pada t-tabel (2,736 > 2,101). Dan pada hipotesis dua juga diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar dengan kemampuan TPACK guru PAI tingkat SMA/SMK di Kecamatan Magetan. Hal ini terbukti dari nilai t-hitung variabel pengalaman mengajar lebih besar dari t-tabel (2,330 > 2,101). Sedangkan pada hipotesis tiga diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima atau secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara status sertifikasi dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan TPACK guru PAI tingkat SMA/SMK di Kecamatan Magetan. Hal ini terbukti dari hasil f-hitung > f-tabel (18,253 > 3,554). Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas pendidik terhadap kemampuan TPACK sehingga peran pendidik tidak terkikis oleh perkembangan zaman yang terus berkembang dan pendidik serta calon pendidik dapat menghadapi tantangan pada dunia pendidikan sesuai dengan zamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, Pengalaman Mengajar, TPACK
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ALWAKIAH SHINDY APRIANA
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:33
Last Modified: 17 Nov 2022 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105807

Actions (login required)

View Item View Item