Wibowo, Arif (2007) PENGARUH LATIHAN SOAL-SOAL DAN PENUGASAN DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SMK PGRI DONOROJO PACITAN TAHUN AJARAN 2003/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (182kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
BAB_2_dan_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
BAB_4_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Lampiran)
Correlations.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh metode latihan soalsoal dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh metode penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh latihan soal-soal dan penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan tahun pelajaran 2006/ 2007. Penelitian ini dilaksanakan dikelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan Semester I tahun pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II yang terdiri atas 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Teknik analisis dengan Analisis Statistik Regresi Berganda. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan-latihan soal-soal dan penugasan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh Fhitung > Ftabel 5,476>3,15). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa ada pengaruh positif latihan soal-soal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,031>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh positif penugasan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,615>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Artinya tinggi rendahnya prestasi belajar siswa ditentukan pula oleh tinggi rendahnya tingkat pengerjaan tugas. Semakin tinggi penugasan yang dilakukan siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelajaran akuntansi, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Feb 2011 03:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 03:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10546 |
Actions (login required)
View Item |