PENGARUH BESARNYA KREDIT KOPERASI PASAR DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG (STUDI KASUS: PEDAGANG ANGGOTA KOPERASI PASAR KARTASURA SUKOHARJO JAWA TENGAH)

WAHYUDI, DIDIEK TRY (2007) PENGARUH BESARNYA KREDIT KOPERASI PASAR DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG (STUDI KASUS: PEDAGANG ANGGOTA KOPERASI PASAR KARTASURA SUKOHARJO JAWA TENGAH). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab I)
Halaman_Depan.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II - III)
BAB_II-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV - V)
Bab_IV_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh besarnya kredit koperasi dan sikap kewirausahaan terhadap pendapatan pedagang secara parsial maupun simultan pada pedagang anggota koperasi Pasar Kartasura Sukoharjo. Populasi yang akan diteliti adalah seluruh pedagang yang termasuk anggota koperasi pasar Kartasura, sedangkan sampel adalah sebanyak 130 pedagang pada jenis dagangan pakaian. Data penelitian diperoleh melalui instrumen angket yang sebelumnya diuji dengan validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil analisis data dengan persamaan regresi linier berganda Y = 6,899 + 0,381X1 + 0,103X2. Hal tersebut menyatakan bahwa pengujian hipotesis 1, ada pengaruh positif kredit koperasi terhadap pendapatan pedagang, dengan nilai thitung > ttabel sebesar 42,297 > 1,96. Pengujian hipotesis 2, ada pengaruh positif sikap kewirausahaan terhadap pendapatan pedagang dengan nilai thitung > ttabel sebesar 8,762 > 1,96. Pengujian hipotesis 3, ada pengaruh positif kredit koperasi dan sikap kewirausahaan terhadap pendapatan pedagang didukung oleh nilai uji F dengan hasil Fhitung sebesar 42,297. dengan Ftabel untuk dk pembilang = 2, dk penyebut 127 atau 42,297 > 1,57. Besarnya pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 40,0% dimana harga koefisien determinasi adalah R2 x 100% yaitu 0,400 x 100% = 40%. Yang berarti bahwa 40,0% perubahan pendapatan pedagang disebabkan karena variabel kredit koperasi dan sikap kewirausahaan pedagang, sedangkan sisanya sebesar 60% disebabkan oleh variabel lain. Kata kunci: Kredit koperasi, sikap kewirausahaan, dan pendapatan pedagang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kredit koperasi, sikap kewirausahaan, dan pendapatan pedagang.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2011 10:11
Last Modified: 24 Feb 2011 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10544

Actions (login required)

View Item View Item