STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA

Chasanah, Siti Nur (2007) STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab 2 - 3)
BAB_II_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 4 - 5)
BAB_IV_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2) variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penelitian ini berusaha memecahkan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan suatu obyek penelitian yaitu dengan jalan mengumpulkan, menyusun, menganalisa data yang berupa faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli atau konsumen dalam memutuskan untuk membeli busana muslim di toko Al-Amin Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko Busana Muslim Al-Amin Salatiga. Sampel yang digunakan adalah 30 orang, diambil secara aksidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif dengan cara prosentase. Dari hasil analisis diketahui bahwa 1) Faktor lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap pemakaian busana muslim, terbukti dari hasil analisis diketahui bahwa kecenderungan lingkungan keluarga responden sering memakai busana muslim sebanyak 46,67%. Tradisi dalam masyarakat responden juga mengatakan bahwa busana muslim merupakan pakaian yang mempunyai nilai tradisi, hal ini terbukti dari hasil analisis diketahui sebanyak 63,33% responden mengatakan setuju bahwa busana muslim merupakan pakaian yang memiliki nilai tradisi; 2) Dari sisi sosial, semua responden (100%) dalam penelitian ini berstatus pelajar dan atau mahasiswa, dengan uang saku kebanyakan < Rp 500.000 perbulan (76,67%), dengan jenjang pendidikan kebanyakan (96,67%) adalah pelajar SLTA; 3) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa harga yang ditawarkan sedang; 4) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa kualitas yang ditawarkan Toko Busana Muslim Al-Amin adalah sedang; 5) Dalam melakukan suatu pembelian di Toko Busana Muslim Al- Amin Salatiga, 80,00% responden mengatakan membeli tidak selalu didominasi karena faktor desain produk yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa faktor-faktor tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua faktor di atas merupakan satu kesatuan yang harus kita tinjau sebelum membeli sebuah produk tertentu. Kata kunci : karakteristik individu, faktor produk, keputusan pembelian busana muslim

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik individu, faktor produk, keputusan pembelian busana muslim
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2011 09:29
Last Modified: 21 Nov 2019 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item