Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Covid 19 Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Qurrota’ayun, Imtiyazah and -, Dr. Agus Susilo, S.Pd., M.Pd. (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Covid 19 Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (730kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
IMTIYAZAH HALAMAN DEPAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab I)
BAB I IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II)
BAB II IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN IMTIYAZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pelaksanaan kembali pembelajaran tatap muka di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom memberikan tantangan tersendiri bagi guru, salah satunya ialah rendahnya motivasi belajar siswa ketika dikelas karena siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran daring, untuk membangun kembali motivasi belajar siswa diperlukan peran guru didalamnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, (1) Persiapan pelaksanaan kembali pembelajaran tatap muka di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom, (2) menggambarkan kondisi siswa dikelas pada saat mengikuti pelaksanaan kembali pembelajaran tatap muka, (3) mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kembali motivasi belajar siswa pasca pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom dengan narasumber 4 orang guru bidang keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan dengan pertimbangan level covid serta dorongan kebutuhan belajar siswa yang kurang terpenuhi saat pembelajaran daring, persiapan yang dilakukan ialah mengedarkan surat ijin kepada orang tua/ wali murid peserta didik kemudian memperisiapkan kebutuhan Kompetensi dasar, (2) partisipasi dan antusiasme siswa dikelas sangat baik, terlihat dari beberapa siswa yang aktif dalam kegiatan tanya jawab, maupun diskusi dengan guru saat dikelas, (3) upaya guru dalam meningkatkan kembali motivasi belajar siswa bermacam-macam, seperti sesi pemberian nasehat dan motivasi sebelum pembelajaran dimulai, pemberian bimbingan khusus hingga pemberian reward kepada siswa. Dari hasil penelitian yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pembelajaran daring sangatlah besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Motivasi belajar, Peran guru.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: IMTIYAZAH QURROTA'AYUN
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:20
Last Modified: 26 Oct 2022 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104898

Actions (login required)

View Item View Item