USAHA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi kasus di SMA N 1 Musuk Boyolali Pada Tahun Ajaran 2007/2008)

MARSINI , SRI (2007) USAHA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi kasus di SMA N 1 Musuk Boyolali Pada Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Marsini-1.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
Marsini-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
Marsini-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Marsini-4_&_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Marsini-Lampiran.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Musuk Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru ekonomi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru. Untuk memperoleh data dalam penelitian melalui interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah melakukan beberapa usaha-usaha dalam menerapkan konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang meliputi menciptakan lingkungan yang kondusif, mengembangkan fasilitas dan sumber belajar, guru harus dapat mendisiplinkan peserta didik, mengubah paradigma atau pola pikir guru, menyusun silabus secara keseluruhan guru SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah memiliki persiapan yang matang untuk melaksanakan atau menerapkan KTSP terutama dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 08:42
Last Modified: 18 Feb 2011 08:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item