ASTUTI, WAHYU WIDI (2007) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (37kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
BAB_II_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 23,2% terhadap prestasi belajar siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 29,6% terhadap prestasi belajar siswa. (3) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi variabel Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 52,8%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas pemanfaatan buku perpustakaan, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Feb 2011 10:11 |
Last Modified: | 17 Feb 2011 10:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10460 |
Actions (login required)
View Item |