Winarti, Winarti (2007) PENGARUH PERILAKU BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan dan Daftar Pustaka)
Halaman_Depan_dan_Dafpus.pdf Download (41kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
Abstract
Siswa mempunyai pandangan yang berbeda-beda ketika sedang menerima pelajaran. Hal ini akan tampak dari sikap siswa tersebut baik terhadap pelajaran maupun terhadap guru dan hal ini tercermin dalam perilaku belajar siswa yang bersangkutan. Diharapkan melalui perilaku belajar yang baik akan mendukung proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bermaksud mendeskripsikan (memaparkan) obyek penelitian apa adanya dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 135 orang. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun pelajaran 2006/2007. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 59,666 diterima pada taraf signifikansi 5% dengan persamaan regresi: Y = 5,463 + 0,142.X. Artinya semakin baik (positif) perilaku belajar, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Sebaliknya semakin buruk perilaku belajar, maka semakin rendah pencapaian prestasi belajar siswa. Sumbangan variabel perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 50,7%, sedangkan 49,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Feb 2011 10:12 |
Last Modified: | 16 Feb 2011 10:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10411 |
Actions (login required)
View Item |