PENGARUH PERILAKU BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

Winarti, Winarti (2007) PENGARUH PERILAKU BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Daftar Pustaka)
Halaman_Depan_dan_Dafpus.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Siswa mempunyai pandangan yang berbeda-beda ketika sedang menerima pelajaran. Hal ini akan tampak dari sikap siswa tersebut baik terhadap pelajaran maupun terhadap guru dan hal ini tercermin dalam perilaku belajar siswa yang bersangkutan. Diharapkan melalui perilaku belajar yang baik akan mendukung proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bermaksud mendeskripsikan (memaparkan) obyek penelitian apa adanya dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 135 orang. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun pelajaran 2006/2007. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 59,666 diterima pada taraf signifikansi 5% dengan persamaan regresi: Y = 5,463 + 0,142.X. Artinya semakin baik (positif) perilaku belajar, maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Sebaliknya semakin buruk perilaku belajar, maka semakin rendah pencapaian prestasi belajar siswa. Sumbangan variabel perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 50,7%, sedangkan 49,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perilaku belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Feb 2011 10:12
Last Modified: 16 Feb 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item