Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Tembang Macapat Di SD Negeri 2 Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022

ROCHADIANA, ARFIKI and -, Dr. Sabar Narimo, M.M, M.Pd and -, Yeny Prastiwi, S.Pd, M.Hum, Ph.D. (2022) Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Tembang Macapat Di SD Negeri 2 Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (870kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Budaya Jawa menjadi asing untuk generasi milenial. Padahal muatan nilai karakter dalam Budaya Jawa sangat baik. Budaya Jawa lebih banyak dikenalkan dengan cara tradisional, salah satunya tembang macapat. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam tembang macapat yang diajarkan di Sekolah Dasar, khususnya di kelas tinggi yaitu kelas empat, lima, dan enam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verivikasi dan simpulan. Kemudian disajikan dan dibuat suatu simpulan dari data yang telah dianalisis. Hasil Temuan dalam penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran tembang macapat dengan menganalisa kondisi awal kegiatan penanaman karakter di Sekolah Dasar (SD) tersebut; 2) Pelaksanaan pembelajaran tembang macapat seminggu sekali dalam apel pagi dan hasil karya poster tembang macapat; 3) Evaluasi pembelajaran tembang macapat yang ditanamkan pada siswa yaitu karakter persaudaraan, kebersamaan, kasih sayang, sopan - santun, menghormati sesama, dan rendah hati. Dapat diambil kesimpulan bahwa tembang macapat gambuh, mijil, dan dhandanggula dapat digunakan sebagai sarana dalam penguatan Pendidikan karakter sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tembang Macapat, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: ARFIKI ROCHADIANA
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:52
Last Modified: 16 Aug 2022 07:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104066

Actions (login required)

View Item View Item