PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME MELALUI LITERASI MEMBACA CERITA RAKYAT DARI WONOGIRI PADA SISWA SD NEGERI 3 TEGIRI

WAHYANI, APRIN and -, Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and -, Dr. Fitri Puji Rahmawati, M.Pd (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME MELALUI LITERASI MEMBACA CERITA RAKYAT DARI WONOGIRI PADA SISWA SD NEGERI 3 TEGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL_TESIS_APRIN WAHYANI.pdf

Download (750kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ng karakter nasionalisme yang dimiliki oleh siswa SD Negeri 3 Tegiri (2) hasil analisis muatan pendidikan karakter nasionalisme yang terdapat pada cerita rakyat dari Wonogiri dan (3) implementasi literasi membaca menggunakan buku cerita rakyat dari Wonogiri sebagai media penguatan karakter nasionalisme pada siswa SD Negeri 3 Tegiri Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif desain studi kasus terpancang dengan teknik analisis data interaktif oleh Miles & Huberman. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa di SD Negeri 3 Tegiri. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan dokumen sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cerita rakyat tersebut mengandung muatan nilai utama karakter nasionalisme dalam kategori cukup baik (73,33 ), dengan prosentase berbeda pada setiap judul cerita yang dianalisis. (2) Deskripsi muatan nilai utama karakter nasionalisme secara spesifik dapat diuraikan sebagai berikut, (a) Menghormati, menjaga serta mengapresiasi keragaman budaya-suku bangsa ditemukan sebanyak 40 , (b) Disiplin dan taat hukum ditemukan sebanyak 100 (c) Menjaga lingkungan ditemukan sebanyak 60 , (d) Cinta tanah air ditemukan sebanyak 60 (e) Berprestasi dan unggul ditemukan sebanyak 100 (f) Rela berkorban ditemukan sebanyak 80 Dari hasil analisis setiap cerita rakyat maka ditemukan rata – rata muatan nilai utama karater nasionalisme sebanyak 73,33 . Artinya kandungan muatan nilai utama karakter nasionalisme yang terdapat dalam cerita rakyat dari Wonogiri dalam kategori cukup baik. (3) Dari hasil analisis tersebut maka cerita rakyat dari Wonogiri (JawaTengah) layak dijadikan sebagai media literasi pada siswa SD dalam kaitannya dengan penguatan karakter nasionalisme yang saat – saat ini mulai memudar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Literasi, Cerita Rakyat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: APRIN WAHYANI
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:43
Last Modified: 16 Aug 2022 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104040

Actions (login required)

View Item View Item