PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN PERSEPSI SISWA TENTANG LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2006/2007)

Sumantri, Bambang (2008) PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN PERSEPSI SISWA TENTANG LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Keadaan siswa pada saat ini menunjukkan kurangnya memiliki sikap mandiri dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa yang berbeda-beda tentang keberadaan LKS, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA MUhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007, 2). Untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi siswa tentang lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007, 3). Untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007. Penelitian diskriptif kuantitatif ini menggunakan varibel sikap mandiri dalam mengerjakan tugas (X1) dan persepsi siswa tentang LKS (X2) sebgai varibel bebas, sedangkan perstasi belajar akuntansi (Y) sebagai variable terikat. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar akuntansi serta gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang sikap mandiri dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang LKS, sedangkan analisis data yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas untuk try out, uji data dengan regresi berganda, uji F, SE dan SR. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa 1) Kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA MUhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007 dengan kontribusi sebesar 21,75%, 2). Persepsi siswa tentang lembar kerja siswa (LKS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007 dengan kontribusi sebesar 20,65%, 3). Kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang lembar kerja siswa (LKS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2006/2007 dengan kontribusi sebesar 42,40%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas (X1) sebesar 2,329 dan untuk variabel persepsi siswa tentang LKS (X2) sebesar 2,223 dan nilainya lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,009 dengan nilai signifikan hitung kurang dari 0,05. Berdasarkian perhitungan sumbangan efektif masing-masing SE% X1=51,30% dan SE% X2=48,79%. Dengan kata lain, memberi pengaruh positif dengan kontribusi sebesar 42,40%, sedangkan faktor lain sebesar 57,60%. Sehingga dapat dikatakan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi faktor yang tidak di teliti dalam penelitian ini sebesar 400%-42,40%=57,60%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian dalam mengerjakan tugas, persepsi siswa tentang LKS, prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jul 2008 03:50
Last Modified: 31 Jan 2011 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item