Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Bina Karakter Santri Di Ma Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Fadlu Robbi, Ega and , Nurul Latifatul Inayati, S.Pd.I, M.Pd.I., (2022) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Bina Karakter Santri Di Ma Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (774kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (793kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai posisi yang penting dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas secara intelektual, emosional, spiritual dan generasi yang mempunyai akhlak mulia. Namun akhir-akhir ini masih sering dijumpai permasalahan kondisi remaja yang sangat memperhatinkan. Kondisi tersebut dikarenakan munculnya perilaku remaja yang tidak baik seperti merokok, bolos sekolah, tawuran, ikut geng motor, berbohong, menyontek dan judi online. MA Ma’ahid Kudus merupakan lembaga pendidikan Islami yang memiliki program bina karakter sebagai langkah dalam penanaman karakter religius kepada para santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program bina karakter santri di MA Ma’ahid Kudus dan mengidentifikasi kendala serta solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program bina karakter santri di MA Ma’ahid Kudus. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan jenis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan 2 triangulasi yaitu triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebelum dilakukannya pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program bina karakter santri di MA Ma’ahid Kudus terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun tiga tahapan tersebut yaitu Perencanaan yang telah disusun yaitu (1) SKL Bina Karakter. (2) Buku panduan dan jurnal program bina katakter. (3) Jadwal pelaksanaan program bina karakter (4) Pembagian jadwal secara bergilir untuk santri bertugas. Pelaksanaannya dibuat seperti kajian yaitu terdapat susunan acara seperti Mc, tilawah Al-Qur’an, pembacaan teks karakter santri Ma’ahid, kultum, sambutan dan materi dari wali kelas, problem solving, doa dan penutup. Evaluasi dibagi menjadi tiga yaitu evaluasi saat pelaksanaan program, evaluasi saat selesai pelaksanaan program dengan mengisi jurnal program bina karakter, dan evaluasi di rapat bulanan. Kendala dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program bina karakter santri di MA Ma’ahid Kudus, adapun kendalanya yaitu SDM yang kurang, jumlah santri banyak disetiap kelasnya, wali kelas kurang inovatif dan kreatif sebagai pembina, latar belakang keluarga dari santri beragam, karakter santri bermacam-macam, sebagian santri tidak ikut program bina karakter, santri tidak siap saat mendapatkan tugas, pengaruh lingkungan luar yang dibawa kedalam madrasah, singkronisasi waktu untuk melaksanakan program bina karakter masih bisa berubah. Sedangkan untuk solusinya yaitu wali kelas diberikan hak dalam pemililhan tempat pelaksanaan program bina karakter, mengadakan pelatihan khusus trainer untuk guru dan wali kelas, mengadakan pelatihan khusus untuk guru dan wali kelas agar memiliki banyak inovasi dan kreatifitas terkait strategi serta metode yang digunakan dalam memimpin kegiatan program bina karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Karakter Religius, Bina Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: EGA FADLU ROBBI
Date Deposited: 13 Aug 2022 04:06
Last Modified: 13 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/103769

Actions (login required)

View Item View Item