ANALISA STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus di PT. Nojorono Tobacco International)

Utomo, Pranoto (2008) ANALISA STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus di PT. Nojorono Tobacco International). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D600030038.pdf

Download (611kB)
[img] PDF
D600030038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Masalah pemilihan strategi pemasaran yang sangat penting untuk diprioritaskan oleh suatu perusahaan, karena dengan menetapkan meskipun perusahaan dalam strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat menjalankan misinya dan mencapai tujuan utama perusahaannya yaitu untuk mendapatkan laba yang maksimal. PT. Nojorono Tobacco International dengan produknya yang banyak dan bermacam-macam rasa, selalu menetapkan strategi pemasaran yang tidak tetap, semua itu menyesuiakan dengan kondisi yang ada dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh dalam penetapan strategi pemasaran perusahaan yaitu dalam faktor lingkungan internal. Metode pemecahan untuk mengetahui dan mengevaluasi dalam memperoleh bobot prioritas dari setiap faktor dan sub faktor, menetapkan peringkat setiap alternatif, dan memilih strategi pemasaran dengan bobot prioritas terbesar. Dalam pencapaiannya ada beberapa metode pemecahan tersebut, digunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, dan strategi pemasaran. Dari penelitian ini didapatkan beberapa hasil diantaranya: yang pertama adalah dari faktor yaitu pemilihan pasar tingkat bobot terbesar yaitu (0,344), penetapan harga (0,276), komunikasi pemasaran/promosi (0,171), sistem distribusi (0,092), dan perencanaan produk (0,083). Untuk yang kedua adalah dari sub faktor yaitu pemilihan pasar antara lain: persepsi terhadap produk tingkat bobot terbesar (0,507), pengalaman peluang komulatif (0,234), kemampuan khusus sumber daya manusia (0,116), dan keterbatasan sumber daya internal (0,107). Perencanaan produk antara lain: meningkatka inovasi tingkat bobot terbesar (0,592), merubah kemasan (0,512), dan meningkatkan mutu (0,247). Penetapan harga antara lain: faktor kualitas (0,757) dan kuantitas adalah (0,242). Sistem distribusi antara lain: memperluas jaringan tingkat bobot terbesar (0,896), menambah sub distributor (0,756), dan menambah gudang (0,339). Komunikasi pemasaran/promosi antara lain: menambah iklan dimedia (1,914), melakukan survai/penelitian (0,762), dan memberikan bonus (0,318).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Prioritas Dan Jenis Pengambilan Keputusan, Analitycal Hierarchy Process (AHP).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Mar 2009 02:10
Last Modified: 21 Feb 2011 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item