DHARI, WINDRI WIDIESTA (2010) MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA (PTK pada siswa kelas VIII semester genap di MTs Muhammadiyah Tempurrejo materi luas kubus dan balok). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410060155.pdf Download (168kB) |
|
PDF
A410060155.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi fobia matematika pada siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle “5E” dengan mengoptimalkan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Tempurrejo yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan fobia matematika pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang takut bertanya sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan menjadi 5 siswa (20%), 2) siswa yang tidak berani mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 22 siswa (88%), diakhir tindakan turun sebanyak 8 siswa (32%), dan 3) siswa yang tidak berani mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 23 siswa (92%), diakhir tindakan turun menjadi 2 siswa (8%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 15 siswa (60%), sesudah tindakan naik menjadi 25 siswa (100%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle ”5E” dengan mengoptimalkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meminimalisasi fobia matematika pada siswa sehingga berdampak pula terhadap prestasi belajarnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fobia_matematika, Learning_Cycle_5E, alat_peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Feb 2011 05:15 |
Last Modified: | 08 Jun 2012 11:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10318 |
Actions (login required)
View Item |