HUBUNGAN ASUPAN FE DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KADAR HB PADA ANAK BALITA di RW 7 KELURAHAN SEWU KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA

PRIYANTO , AGUNG (2010) HUBUNGAN ASUPAN FE DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KADAR HB PADA ANAK BALITA di RW 7 KELURAHAN SEWU KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J310050030.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
J310050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Pendahuluan : Anak usia 5 tahun (Balita) merupakan masa emas dalam pertumbuhan, asupan Fe dan Tingkat pengetahuan ibu dapat berpengaruh terhadap pola makan dan status kesehatan balita, Kadar Hb dapat dijadikan indikator kesehatan balita. Tujuan : Penelitian ini dibuat untuk mengetahui hubungan antara asupan Fe dan tingkat pendidikan ibu dengan kadar Hb pada anak balita Metode Penelitian : Desain studi yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan crossectional. Penelitian dilakukan selama 8 bulan. Jumlah sampel penelitian 35 responden sesuai dengan kriteria. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dan pengambilan darah untuk memperoleh data kadar Hb. Uji statistik yang digunakan adalah Pearson-product moment dan rank spearman. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan distribusi Tingkat asupan Fe minimal adalah 13,55%, sedangkan nilai maksimal adalah 169.38%. Distribusi frekuensi tingkat asupan Fe yang rendah sebanyak 81,2%, sedangkan distribusi frekuensi tingkat asupan yang tinggi yaitu sebanyak 18,8%. 50% dari orang tua responden berpendidikan formal dasar, sedangkan sisanya mempunyai pendidikan lanjut. Balita yang mengalami anemia sebanyak 68,8%, sedangkan balita yang tidak mengalami anemia yaitu 31,2%. Menerangkan bahwa sebagian besar responden mengalami anemia yaitu 68,8%. Hasil uji hubungan antara tingkat asupan Fe dengan kadar Hb pada anak balita dengan nilai p=0,648. Hasil uji hubungan antara pendidikan ibu dengan kadar Hb pada anak balita dengan nilai p=0,277. Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat asupan Fe dengan kadar Hb. Tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan ibu dengan kadar Hb.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asupan Fe, kadar Hb, pendidikan ibu, balita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 08:59
Last Modified: 14 Sep 2022 07:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item