PERBEDAAN CARA PENGERINGAN TEPUNG KENTANG DENGAN PERENDAMAN NATRIUM BISULFIT DAN TANPA PERENDAMAN TERHADAP SIFAT FISIK TEPUNG KENTANG

SAMEKTO , ARI TRI (2010) PERBEDAAN CARA PENGERINGAN TEPUNG KENTANG DENGAN PERENDAMAN NATRIUM BISULFIT DAN TANPA PERENDAMAN TERHADAP SIFAT FISIK TEPUNG KENTANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J300070018.pdf

Download (72kB)
[img] PDF
J300070018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Tepung kentang adalah partikel padat yang berasal dari kentang yang berbentuk butiran halus yang melalui proses pengeringan, penggilingan dan pengayakan . Penelitian ini menurut jenisnya termasuk penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah perbandingan acak lengkap dengan empat perlakuan dengan dua metode yang berbeda. Analisis data dengan menggunakan program SPSS 11 dengan uji T-test. Dari hasil penelitian ini sifat fisik melaui pengeringan oven tidak terdapat perbedaan yang signifikan, baik pada rendemen maupun kadar air. Sedangkan melelui pengeringan matahari tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rendemen, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada kadar air tepung kentang. Natrium Bisulfit dalam proses pembuatan tepung kentang dapat digunakan untuk menghasilkan tepung kentang yang mempunyai warna lebih cerah, sehingga akan diperoleh warna yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Natrium Bisulfit, sifat fisik dan sensorik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 08:46
Last Modified: 17 Sep 2022 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item