PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN METODE NEURO DEVELOPMENT TREATMENT (NDT) PADA CEREBRAL PALSY SPASTIK DIPLEGIA DI YPAC SURAKARTA

Nugroho , Wahid Adi (2010) PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN METODE NEURO DEVELOPMENT TREATMENT (NDT) PADA CEREBRAL PALSY SPASTIK DIPLEGIA DI YPAC SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J100070043.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
J100070043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan studi kasus ini dilaksanakan di YPAC Surakarta dengan menggunakan terapi latihan pada penderita cerebral palsy spastic diplegia selama enam kali terapi, penulis ingin mengetahui permasalahan yang muncul pada kondisi tersebut. Prinsip terapi latihan metode Neuro Development Treatment (NDT) dalam permasalahan ini (1) normalisasi tonus otot abnormal dan membawanya ke pola gerakan yang normal serta eksplorasi gerak, (2) fasilitasi pola gerakan yang normal dalam kehidupan sehari-hari. Adapun teknik yang digunakan adalah : (1) inhibisi dari postur abnormal dan tonus otot yang dinamis dengan menggunakan posisi tertentu, (2) stimulasi terhadap otot-otot yang mengalami hypotonic untuk meningkatkan tonus postural dan tonus otot dinamis, (3) fasilitasi pola gerak normal menggunakan teknik tertentu. Pembahasan ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh hasil yang didapat atau efektifitas terapi latihan metode Neuro Development15 tahun. Diharapkan dari terapi latihan dapat menghambat spastisitas, memperbaiki koordinasi, meningkatkan kemampuan aktifitas fungsional. Hasil menunjukkan bahwa selama 6 kali terapi, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Skala Asworth nilai tonus otot tetap, anggota gerak bawah T1: 3, T6: 3. Dan hasil evaluasi perbaikan kemampuan fungsional dengan GMFM T1- T5: 59,4 %, T6: 61,84 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Latihan, Neuro Development Treadment (PNF), Cerebral Palsy Spastik Diplegia
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 09:09
Last Modified: 02 Feb 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item