MARLINAWATI, HENI and -, Dr. Sabar Narimo, M.M, M.Pd and -, Dr. Achmad Fathoni, M.Pd (2022) Penguatan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (581kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (971kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan sebagai penguatan karakter kedisiplinan serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Obyek penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penguatan karakter disiplin melalui pembiasaan di SD Muhammadiyah Program Khusus kottabarat Surakarta berjalan sangat baik dan bisa menjadi percontohan. Implementasinya melalui pembiasaan keteladanan, budaya antri, dan pembiasaan Islami dan diterapkan di setiap aktivitas peserta didik baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran mulai dari kedatangan siswa sampai jam kepulangan. Penguatan karakter disiplin ini merupakan usaha menanamkan kebiasaan baik sehingga menjadi sebuah kultur kuat melekat pada peserta didik untuk mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. (2) Ada lima faktor pendukung yakni: fasiltas sekolah yang memadai, adanya kerjasama dari semua pihak baik pihak sekolah dan orang tua, adanya tata tertib, phanisme atau hukuman dan reward, terintegrasi dalam pembelajaran, dan bersifat mengikat atau wajib. (3) Faktor penghambat yang terjadi adalah adanya orang tua yang kurang atau belum menindaklanjuti program sekolah yang sudah di jalankan di sekolah. (4) Sedangkan upaya untuk mengatasinya adalah : a. guru dalam menjalankan perannya senantiasa mengingatkan berupa himbuan atau intruksi supaya peserta didik memiliki kesadaran pentingnya melaksanakan penguatan karakter disiplin melalui pembiasaan, baik melalui lisan ataupun tulisan. b. Kerjasama dengan orang tua dengan mengadakan sosialisasi program supaya orang tua memiliki kepedulian juga membuat peserta didik makin termotivasi dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan disekolah. c. membuat catatan yang terkait dengan disiplin peserta didik yang nantinya menjadi alat evaluasi dan penilaian.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Karakter, Kedisiplinan, Pembiasaan. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username q200170019 |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:50 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102217 |
Actions (login required)
View Item |