Peran Kepala Desa Sebagai Penyelenggara Pemerintahan Dalam Mewujudkan Sikap Komunikatif Perangkat Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen

Basori, Muhammad and -, Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and -, wibowo heru prasetiyo, S.Pd.,M.Pd (2020) Peran Kepala Desa Sebagai Penyelenggara Pemerintahan Dalam Mewujudkan Sikap Komunikatif Perangkat Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf

Download (655kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (724kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Desa sebagai penyelenggara Pemerintahan dalam mewujudkan sikap komunikatif Perangkat Desa Gondang Kecamatan Gondang kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitataif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian berasal dari narasumber, peristiwa, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahkan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kepala Desa sebagai penyelenggara Pemerintahan Desa Gondang Kecamatan Gondang kabupaten Sragen yaitu:1) Bertintak mengkoordinasikan, antisipasi dan pencegahan serta menjadi langkah penyelenggaran pemerintahan dalam upaya menguragi dampak pandemi. 2) Memiliki tanggung jawab yang tinggi, peran Kepala Desa berkewajiban mempertanggung jawabkan keberhasilan atau kegagalan rancangan peratuan desa yang bekerja sama dengan BPD perana kepala desa dalam penyelenggaran pemerintahan selama ini bisa di katakan berjalan dengan baik. 3) Memiliki sikap keterbukaan, keterbukaan pemerintah dapat mengurangi penyelewengan kekuasaan secara tidak langsung akan menekan terjadinya penyelewengan. Sikap Komunikatif Perangkat Desa Gondang Kecamatan Gondang kabupaten Sragen yaitu: 1) Memiliki kemampuan berkomunikasi yang santun, karena bahasa merupakan unsur dari bersosialisasi sehari-hari, dengan menunjukan sikap santunlah seseorang dapat dihargai dan disenangi. 2) Memiliki sikap menghargai pendapat orang lain, yaitu terhindarnya perselisihan hingga permusuhan yang dapat memicu adanya konflik sosial .3) Bertindak Aktif mendukung kegiatan sosial budaya, 4) Memiliki sikap kerjasama yang baik. Peran Kepala desa Dalam Mewujudkan Sikap Komunikatif Perangkat Desa Gondang Kecamatan Gondang kabupaten Sragen yaitu: 1) Bertindak memotivasi dan mendorong semangat, 2) Ketegasan memberikan tugas, 3) Bertindak menegakkan kedisiplinan, 4) Memberikan bimbingan yang baik, memberikan pembinanaan kepada perangkat desa bisa di bilang masih kurang tidak terbuka dengan persoalan yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Desa, Komunikatif, Perangkat Desa
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: MUHAMMAD BASORI MUSLIM
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:45
Last Modified: 01 Aug 2022 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102111

Actions (login required)

View Item View Item