Eksplorasi Agen Kemoterapi Non Toksik: Kajian Terhadap Riset Kurkumin, Turunan Dan Analog Kurkumin, Serta Senyawa Lain Bersumber Dari Tanaman

, Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si. (2022) Eksplorasi Agen Kemoterapi Non Toksik: Kajian Terhadap Riset Kurkumin, Turunan Dan Analog Kurkumin, Serta Senyawa Lain Bersumber Dari Tanaman. In: Pengukuhan Guru Besar.

[img] PDF (Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar)
2. NASKAH ORASI ILMIAH GB PROF. M. DAI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanaman Indonesia mengandung senyawa-senyawa yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai agen kemoterapi yang bersifat non toksik, selektif dan aman. Modifikasi senyawa dari tanaman menjadi turunan dan analognya dapat meningkatkan sifat farmakologis, fisik dan kimia dari senyawa induk. Pengembangan kurkumin menjadi PGV-1 dapat menjadi model pengembangan senyawa dari tanaman Indonesia untuk dijadikan sebagai agen kemoterapi. Untuk meningkatkan sifat farmaklogis, sifat fisik dan sifat kimia senyawa tersebut dapat pula dilakukan dengan perbaikan formula antara lain dengan teknik nanoformulasi maupun dengan formulasi untuk terapi tertarget. Pemanfaatan dari senyawa-senyawa tersebut dapat dimanfaatkan baik sebagai kombinasi maupun sebagai agen tunggal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: agen kemoterapi, kurkumin, tanaman
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:36
Last Modified: 28 Jul 2022 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102086

Actions (login required)

View Item View Item