Ardiana, Sandra and , Drs. Hamid Arifin, M.Si. (2010) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Coffee Shop Rocketz Di Solo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
L100060015.pdf Download (495kB) |
|
PDF (Skripsi Full Text)
L100060015.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
Abstract
Kota Solo yang dikenal dengan wisata kuliner memiliki banyak tempat untuk menikmati hidangan, salah satunya adalah Coffee Shop Rocketz. Tingkat persaingan yang demikian ketat menjadikan loyalitas pelanggan merupakan hal yang penting. Untuk meningkatkan loyalitas dan memperkuat keunggulan bersaing tersebut, cara yang ditempuh suatu perusahaan diantaranya adalah melakukan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran adalah kegiatan atau kampanye komunikasi yang sifatnya informasional maupun persuasive untuk membangun pemahaman dan dukungan terhadap suatu ide, gagasan atau kasus, produk maupun jasa yang terencana yang dilakukan oleh suatu organisasi baik yang berorientasi laba maupun nirlaba, memiliki tujuan, rencana dan berbagai alternatif berdasarkan riset dan memiliki evaluasi. Dalam penelitian ini dipergunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, sedangkan pemaparan dengan menggunakan metode deskriptif dilakukan dengan pengumpulan dan penyusunan data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi tetapi meliputi analisis dan interpretasi data-data tersebut tanpa bermaksud membanding-bandingkan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa diperlukan analisis SWOT sebelum melakukan strategi IMC. Komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Coffee Shop Rocketz seperti iklan, publisitas, personal service, direct marketing, dan ditambah dengan penggunaan internet dalam promosi online melalui jejaring sosial (facebook) telah memberikan hasil sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dan misi dari perusahaan. Memang masih terdapat beberapa kelemahan, salah satunya adalah dimana tidak adanya Public Relations yang ditunjuk secara khusus menjadikan kendala dalam penyampaian kegiatan yang dilakukan. Namun hal itu dapat ditutupi dengan melakukan publisitas yang baik dan tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran Terpadu, Iklan, Promosi Penjualan, Public Relations dan Publisitas, Penjualan Tatap Muka dan Pemasaran Langsung. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management, Business and Labor > Management > Marketing Management H Social Sciences > HE Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 01 Feb 2011 09:28 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10188 |
Actions (login required)
View Item |