Kampanye Pandang Dengar ODHIV : Studi Eksperimen Upaya Penurunan Stigma HIV Melalui Instagram Pada Kaum Muda Di Pati

Aji, Dony Prasetyo and Seviani, Kiky Firda and Madona, Ade and Aziza, Adelia Nur and Khasanah, Devi Jantika Nur and , Izzatul Arifah, SKM., MPH. (2022) Kampanye Pandang Dengar ODHIV : Studi Eksperimen Upaya Penurunan Stigma HIV Melalui Instagram Pada Kaum Muda Di Pati. Program Studi Kesehatan Masyarakat.

[img] PDF (Proposal PKM-RSH)
J410200168 Dony Prasetyo Aji.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hambatan paling besar dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS adalah masih tingginya stigma dan diskriminasi di kalangan masyarakat yang ditujukan bagi orang dengan HIV (ODHIV). Untuk mengurangi tingginya stigma tersebut, pemerintah melakukan pendekatan edukasi kelompok, penyediaan sarana, dan intervensi skrining (Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2020). Upaya mengurangi stigma yang dilakukan di Indonesia kebanyakan berupa edukasi tentang cara penularan HIV pada masyarakat (Carsita dan Windiramadhan, 2020). Sebuah studi randomized controlled trial pada penderita gangguan mental dengan intervensi pemaparan video 30 menit kontak sosial menggunakan website memiliki efek berkelanjutan pada pengurangan stigma (Koike et al., 2016). Hasil kajian sistematis menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari berbagai model intervensi yang memanfaatkan teknologi digital terhadap pencegahan HIV/AIDS. Masih jarang intervensi yang menargetkan usia muda berbasis media sosial (Carsita dan Windiramadhan, 2020). Instagram merupakan media sosial yang mendukung keterlibatan yang tinggi pada pengguna kaum muda (Thomas et al., 2020). Instagram merupakan ruang virtual yang sering digunakan oleh kaum muda dimana presentase penggunaan yaitu 88%, disusul dengan Facebook sebesar 80,6% dan Twitter 51,9% (Felita et al., 2016). Data tersebut menunjukkan peluang dari pemanfaatan Instagram untuk melakukan kampanye. Berdasarkan kesenjangan penelitian sebelumnya tim PKM RSH melakukan inovasi berupa upaya mengurangi stigma pada HIV melalui intervensi yang kami beri nama Kampanye Pandang Dengar ODHIV yang menargetkan kaum muda. Kegiatan kampanye berupa kombinasi pemaparan kontak sosial ODHIV dan edukasi yang berfokus pada pencegahan dan pengobatan menggunakan media sosial. Tim tertarik mengkaji efektivitas Kampanye Pandang Dengar ODHIV terhadap stigma HIV melalui Instagram pada kaum muda di Pati.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: orang dengan HIV (ODHIV), stigma, edukasi, media sosial, Kampanye Pandang Dengar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Unit > Kemahasiswaan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:39
Last Modified: 26 Aug 2022 02:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101528

Actions (login required)

View Item View Item