Automatic Stop Brake Control System Prototype Pada Alat Berat Pertambangan Dengan Human Image Detection System Sebagai Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja

Utomo, Untung Budi and Sufyan, Hidayatus and Hidayat, Indar and Musaid, Farhananto Ilman and Rohman, Adin Nur and , Umi Fadlilah, S.T., M.Eng. (2022) Automatic Stop Brake Control System Prototype Pada Alat Berat Pertambangan Dengan Human Image Detection System Sebagai Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja. Program Studi Teknik Elektro.

[img] PDF (Proposal PKM-KC)
D400200062 Untung Budi Utomo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Blind spot (titik buta) adalah area di sekitar alat berat yang tidak terlihat oleh operator baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan kaca spion internal dan eksternal. Alat berat biasanya berukuran besar dan hal ini dapat menyebabkan adanya blind spot yang mengakibatkan pandangan operator menjadi terbatas, sehingga pekerja yang berada di sekitar alat berat berisiko tertabrak dan terlindas alat berat. Semakin besar alat berat, semakin besar juga blind spot atau area berbahaya bagi pejalan kaki dan pekerja lapangan. Berdasarkan permasalahan ini, maka perlu adanya suatu solusi berupa sistem yang dapat mendeteksi objek terutama manusia di sekitar area blind spot pada alat berat pertambangan. Sistem serupa yang dapat mendeteksi area blind spot pada alat berat sudah ada, yaitu pendeteksi objek belakang untuk wheel loader yang dibuat oleh Caterpillar, akan tetapi menurut penulis sistem tersebut masih kurang sempurna, karena hanya memonitor objek yang muncul di belakang alat berat tanpa adanya sistem yang dapat otomatis memberhentikan alat berat tersebut ketika sewaktu-waktu ada tindakan maupun kondisi tidak aman yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Jadi, diperlukan pengembangan sistem yang berjudul “Automatic Stop Brake Control System Prototype pada Alat Berat Pertambangan dengan Human Image Detection System sebagai Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja”. Automatic Stop Brake Control System Prototype pada Alat Berat Pertambangan dengan Human Image Detection System merupakan sebuah sistem yang dapat mendeteksi objek manusia di sekitar area blind spot pada alat berat pertambangan yang bekerja secara otomatis memberhentikan alat berat ketika sewaktu-waktu ada tindakan maupun kondisi tidak aman yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Alat ini didesain untuk mendeteksi gerakan manusia secara sekuensial sesuai dengan proses kerja yang akan dikendalikan oleh controller. Alat ini menggunakan mikrokontroler Raspberry Pi sebagai perangkat utama kendali sistem. Raspberry Pi memperoleh informasi dari hasil pembacaan sensor pendeteksi gerakan yaitu ESP32CAM yang kemudian diproses oleh Raspberry Pi untuk memberikan indikasi atau keluaran berupa Pilot Lamp. Alat dipasang pada area blind spot pada alat berat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Blind spot, alat berat, Human Image Detection System
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Unit > Kemahasiswaan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Jul 2022 06:24
Last Modified: 26 Aug 2022 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101478

Actions (login required)

View Item View Item