FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009

IDDAYAT, TRI NUR (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
J410050029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img]
Preview
PDF
J410050029.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) masih merupakan salah satu penyebab kematian pada anak di negara berkembang, demikian juga dengan Pneumonia hingga saat ini masih tercatat sebagai masalah kesehatan utama pada anak di negara berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Cepogo Kabupaten Boyolali. Faktor-faktor tersebut adalah ventilasi rumah, kepadatan penghuni rumah, jenis lantai dan jenis dinding rumah. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah balita usia nol sampai lima tahun yang berobat atau memeriksakan diri ke Puskesmas Cepogo Kabupaten Boyolali sebanyak 57 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling dari populasi sebesar 263 balita. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik nonparametrik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara ventilasi rumah (p = 0,000), kepadatan penghuni rumah (p = 0,000), jenis lantai (p = 0,000), dan jenis dinding (p = 0,001) dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ISPA, ventilasi rumah, kepadatan penghuni rumah, jenis lantai, jenis dinding rumah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Feb 2011 08:36
Last Modified: 01 Feb 2011 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item View Item