FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc) DENGAN KOMBINASI ASAM FUMARAT DAN ASAM SITRAT SEBAGAI SUMBER ASAM DAN NATRIUM KARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA

PUJIHANDAYANI, YUNI (2010) FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc) DENGAN KOMBINASI ASAM FUMARAT DAN ASAM SITRAT SEBAGAI SUMBER ASAM DAN NATRIUM KARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060178.pdf

Download (143kB)
[img] PDF
K100060178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Rimpang jahe merah (Zingiber officinale Rosc) digunakan secara tradisional oleh masyarakat sebagai obat antimabuk. Salah satu usaha untuk melengkapi bentuk sediaan obat tradisional jahe merah maka dibuat dalam sediaan tablet effervescent. Sumber asam yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi asam sitrat dan asam fumarat sedangkan sumber basa digunakan natrium karbonat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi asam sitrat dan asam fumarat sebagai sumber asam dan natrium karbonat sebagai sumber basa terhadap sifat fisik dan respon rasa tablet effervescent ekstrak jahe merah. Pembuatan ekstrak jahe merah dilakukan dengan cara maserasi menggunakan etanol 70%. Tablet effervescent dibuat empat formula dengan perbandingan asam-basa yakni asam sitrat:asam fumarat:natrium karbonat adalah 2:2:4(FI), 3:2:3(FII), 2:3:3(FIII) dan 3:3:2(FIV). Semua formula diuji sifat alir granul, kemudian diuji sifat fisik tablet yaitu keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu larut, respon rasa dan kesukaan. Analisis data dilakukan secara teoritis dan statistik menggunakan uji ANOVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisik tablet effervescent memenuhi persyaratan yang ada kecuali kerapuhan pada FI dan waktu larut pada suhu 10oC. FII dengan perbandingan asam sitrat:asam fumarat:natrium karbonat 3:2:3 menghasilkan tablet effervescent dengan sifat fisik terbaik serta respon rasa termanis dan penerimaan responden yang tertinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jahe merah (Zingiber officinale Rosc), tablet effervescent, asam sitrat, asam fumarat, natrium karbonat.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:45
Last Modified: 31 Jan 2011 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item